IFW 2013: Warna Alam Tenun Lombok Persembahan Irna Mutiara


18 February 2013 14:45

Reni Efita Hendry
Koleksi Irna Mutiara di IFW 2013/Kabar24/Reni Efita Hendry
JAKARTA– Busana muslim Reneo by Irna Mutiara tampil elegan dan eksklusif di panggung Indonesia Fashion Week 2013.
Busana muslim, yang didominasi dengan gradasi warna lembut seperti hijau, cokelat, biru, oranye, itu menggunakan sekitar 70% kain tenun NTB dan sisanya tambahan  berupa linen sebagai kombinasi.
Irna Mutiara, desainer busana muslim, berada di balik koleksi indah tersebut. Irna yang memiliki beberapa brand  busana muslim, antara lain Uptodate dan Irna La Perle, itu mengatakan dirinya berkomitmen bergabung dengan
brand Reneo by Irna Mutiara untuk menggali potensi daerah menjadi busana yang go internasional.
“Tahap awal saya mengangkat kain tenun NTB, nanti setelah dikenal baru pindah ke  daerah lain,” kata Irna kepada Kabar24.com  setelah peragaan busana bertema Eksotika Kain Tenun NTB pada rangkaian pekan mode IFW 2013 di JCC, Minggu malam (17/2).
Irna yang sering mengikuti pameran di luar negeri itu digandeng oleh Dekranasda NTB sejak satu tahun yang lalu untuk membina pengrajin tenun di 10 kabupaten di NTB guna mengembangkan kain tenun asal wilayah tersebut. 
Peragaan busana Eksotika Kain Tenun NTB melibatkan empat desainer, Irna salah satunya. Dia memilih  tenun bermotif  garis-garis karena menurutnya NTB banyak menghasilkan tenun lurik, selain tenun ikat atau songket.
“Saya suka tenun motif geometris, simple dan tidak rumit untuk ditarik ke saman sekarang,” kata Irna.
Selain itu, Irna memilih menggunakan pewarna alam untuk koleksinya sehingga menghasilkan warna-warni yang lembut.
 “Saya mencoba memasarkan benang sutra alam, modifikasi bahan baku, kombinasi warna dan kontruksi tenun yang direnggangkan,” kata Irna.
Brand Reneo sendiri merupakan cikal bakal brand nasional yang merupakan kumpulan dari produk-produk fashion  karya dari berbagai perancang mode dan aksesori  yang sudah sesuai standar nasional.(Kabar24/nel)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar